6 Advices From Developer Tools Specialist – Microsoft Indonesia

9 Okt

Dari id.wikipedia.com IT Telkom Programming Club merupakan kelompok penalaran yang menjadi ujung tombak IT Telkom di dalam meraih prestasi dari kompetisi-kompetisi berskala nasional dan internasional. Programming Club didirikan pada bulan Januari 2006 untuk menghimpun para programmer terbaik IT Telkom di dalam satu wadah yang rutin mengadakan pelatihan mingguan. Prestasi yang diperoleh hingga Agustus 2007 ini adalah : juara III Microsoft Imagine Cup Software Design, juara III Microsoft Project Hoshimi, honorable mention ACM Indonesia National Contest 2007, juara III Pekan Ilmiah Nasional Algorithm – Problem Solving and Security Contest, juara II, III, IV, dan V Genia National Programming Contest, dan sebanyak 16 kali masuk final kompetisi IT nasional lainnya.

Pada open mind Pro Club (sebutan dari programming club) hadir pembicara-pembicara yang penuh pengalaman dalam meraih prestasi dari Pro Club. Salah satunya adalah Wirawan Winarto. Beliau merupakan salah satu pendiri atau penggagas berdirinya Pro Club. Beliau telah banyak merasakan manisnya menjadi juara di suatu ajang kejuaraan nasional maupun internasional. Dan sekarang beliau telah menjadi alumni dan bekerja disalah satu perusahan terbesar didunia, technology specialist di Microsoft.

Pada open mind Pro Club beliau memberikan 6 advice atau tipe-tipe orang yang berada di dalam Programming Club:

  1. Master of The Consept
  2. Be a Fast Learner
  3. Learn to Communicate Ideas
  4. Understand The Software Industry
  5. Make Your Resume Shine
  6. Always Walk The Extra Miles
1. Master of The Concept
Mas Wirawan mengatakan “Concept is the most important”  dan “90% of Informatic is algoritm”. Jadi kita harus menguasai tentang konsep software yang ingin kita buat. Karena algoritma merupakan dasar dari software tersebut. Jika kita tidak paham dengan konsep software kita maka software kita bukanlah apa-apa.
2. Be a Fast Learner. Be Really Fast
Di dalam programming club pasti deadline akan mengejar kita. karena suatu project harus diselesaikan secepat mungkin. Dimana kita harus membagi antara kuliah dan kompetisi. Jadi jika kita memahami materi dengan cepat, kemungkinan antara kuliah dan kompetisi akan terjadi “kekacauan”. Pelajarilah sesuatu secepat mungkin, InsyaAllah deadline akan teratasi.
3. Learn to Communicate Ideas
Ungkapkanlah ide kita. Jangan ragu untuk mempublikasikan ide kita.
4. Understand The Software Industry
Untuk menjadi seorang programmer yang handal kita tidak hanya mengerti coding saja, tetapi kita juga harus mengerti dengan Micro Economy. Bagaimana bisnis suatu konsumen kita. Apakah software yang kita buat dapat menguntungkan perusahaan bukan merugikan perusahaannya.
5. Make Your Resume Shines
Buatlah CV kita berbeda dengan yang lainnya. Hiasi CV kita dengan segudang prestasi. Dengan begitu diri kita pasti akan dikenal oleh banyak orang. Jika ada kesempatan untuk tampil maka manfaatkanlah kesempatan itu. Get Yourself Known.
6. Always Walk The Extra Miles
Berikan yang lebih daripada yang diminta atau target. Beranilah mengambil resiko, dengan begitu hasil yang kita dapat InsyaAllah akan luar biasa. If you are not willing to risk the unusual, you will have to settle for ordinary.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

mydesigncrowd

%d blogger menyukai ini: